Penelitian yang berjudul “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DISTRIBUSI BINOMIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIA 6 MAN 2 WONOSOBO TAHUN 2019/2020” adalah Penelitian Tindakan Kelas oleh HAMZAH, S.Pd.

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran  Matematika Peminatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika Peminatan dengan menggunakan model cooperative tipe TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2020 bertempat di kelas XII MIA 6  MAN 2 Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik deskriptif analitik kuantitatif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran cooperative tipe TGT hasil belajar peserta didik meningkat, yaitu dari hasil siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan. Pada siklus 1, jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas adalah 26 (87%), peserta didik yang mendapat nilai belum tuntas adalah 4 (13%). Sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar sehingga peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 30 (100%).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika Peminatan.

 

Kata kunci: hasil belajar, mata pelajaran Matematika Peminatan, model cooperative tipe TGT

Categories: penelitian

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *